10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

wandtel

10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak
makananoleholeh.com

Makanan Khas Kediri yang Terkenal  –  Kediri adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tmur. Kota Kediri tercatat sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.Kota yang berada 130 km sebelah barat daya Surabaya ini dikenal akan produksi gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Selain itu, Kediri juga dikenal sebagai kota yang paling kondusif dan cukup banyak menyimpan kekayaan alam, religi, dan kuliner.Pariwisata di kota Kediri terdiri dari wisata alam, sejarah, keluarga, religi, dan kuliner.

Kalau sekarang kamu sedang berada di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Tahu ini, jangan lupa untuk berwisata kuliner mencicipi sejumlah makanan khas Kediri yang pastinya enak dan bisa bikin ketagihan.

1. Soto Kediri

Soto Kediri
resepyummy

eatshowandtell – Jika Anda mencari makan di Kediri, jangan lupakan Branggahan. Kawasan ini terletak di Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Gideli, dinamakan Desa Soto karena banyaknya penduduk yang berjualan soto.

Desa Branggahan terletak di wilayah perbatasan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Terdapat banyak warung soto ayam di kiri kanan jalan, dan keberadaannya bisa dipastikan dengan mudah. Jumlah ini mencapai lebih dari selusin kios, dan semua kios menampilkan teks yang sama. Soto ayam.

Hampir semua warung sop ayam di tempat ini menggunakan konsep trotoar yang dilapisi kain atau tenda. Hanya saja tenda tidak akan pernah dibongkar, baik dibuka maupun ditutup.

Di antara deretan warung soto, salah satu tempat yang paling ramai adalah toko Benno. Berbeda dengan warung soto lain yang menggunakan warung semi permanen, warung Benno merupakan satu-satunya warung yang menggunakan rumah dan bangunan sebagai ruko. Meski tidak masuk ke dalam rumah, pengunjung mendapat tempat di halaman rumput di teras rumah.

Warung Benno berada di titik paling utara. Kawasan itu juga dipenuhi mobil dan motor sepanjang puluhan meter. Meski menunya sama, namun sudah diketahui bahwa soto ayam di sini paling mewakili rasa asin dari soto khas Kediri.

Salah satu ciri khas dari Sop Ayam Branggahan adalah kuahnya yang sangat encer. Ini berbeda dengan sup Ramon Root yang dicampur dengan daun Korea. Ini juga enak, tidak manis atau asin. Namun, air jeruk nipis atau kecap yang disediakan di atas meja bisa digunakan untuk merusak rasanya.

Bahan soto ayam Branggahan terdiri dari ayam kampung, seledri, tauge, dan kol. Entah bumbu apa yang ada di santan sampai kuahnya enak. Menurut Siti, salah satu pelayannya, bumbu adalah standar soto Jawa. Dia tidak akan menyebutkan secara rinci bahan-bahan yang bermasalah selain bawang merah dan bawang putih.

Selain rasanya yang unik, ada tempat lain yang membedakan soto branggahan dengan soto rumah makan biasa. Bukan mangkok atau piring, melainkan tuwung yang digunakan sebagai wadah sup. Tanah adalah mangkuk kecil yang lebarnya tidak melebihi pegangan anak kecil.

Ukuran tuwung ini kecil. Satu porsi soto ayam di Tuwung tak lebih dari 10 sendok. Karena hampir semua wisatawan akan memesan dua kali makan sekaligus. Frida Zahnia, salah satu konsumen toko Benno, berkata: “Tidak perlu antri lagi.”

Ibu dengan anak sebenarnya lebih suka menggunakan mangkuk yang lebih kecil. Jika ukuran mangkok biasa sering tidak habis untuk dimakan anak, jangan gunakan dengan tuwung. Hal yang sama berlaku untuk remaja yang ingin menjaga berat badan tetapi tetap ingin makan seporsi soto ayam kampung.

Jika kurang puas dengan potongan ayamnya, Anda juga bisa meletakkan potongan ayam goreng di atas meja. Mulai dari kepala, paha, sayap, sate usus, hingga sate telur puyuh bisa disantap dengan dua sup.

Tidak perlu khawatir dengan harganya. Kalaupun Anda menambahkan lebih banyak mangkuk sup, Anda bisa menjamin bahwa dompet Anda tidak akan habis. Harga soto ayam adalah Rp 5.000. Apakah cukup murah? semoga berhasil.

2. Sate Bekicot

Sate Bekicot
wikipedia

Di sepanjang jalan raya Kecamatan Plosoklaten-Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Jawa Timur, banyak ditemui warung makanan dan minuman berjejar di pinggir jalan.

Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Ubulan. Kebanyakan warung menjual kuliner khas masakan Kediri, bekicot. Di tangan terampil Rudiati (50) daging bekicot diolah menjadi masakan yang enak dan banyak disuka pecinta kuliner.

Salah satunya diolah masakan sambel goreng krengsengan dan sate yang dijual per porsi seharga Rp 10 ribu. Daging bekicot dikrengseng menggunakan bumbu pedas cabai merah. Sementara sate bekicot menggunakan bumbu kacang layaknya sate pada umumnya.

Daging bekicot ini dibeli dari seorang pengepul. Harga daging bekicot tiap 1 Kg dihargai Rp 40 ribu. Daging bekicot diterima sudah dalam keadaan bersih, tidak bercangkang, dan berlendir.

“Kita terima sudah dalam kondisi bersih dan tinggal mengelolah masak aja, mas. Tapi sebelumnya direbus dulu,” tutur Rudiati yang sudah 12 tahun berjualan masakan daging bekicot, Minggu (30/12/2018).

Banyaknya permintaan, terutama saat liburan seperti sekarang, Rudiati mengaku masakan olahan daging bekicot bisa laku terjual hingga 20 Kg dalam sehari. Sementara jika pada hari biasa cuman laku terjual 10 Kg.

“Sambil berwisata di Taman Ubalan, biasanya mereka mampir, makan daging bekicot,” ujarnya.Rachman (38), pecinta kuliner asal Surabaya mengatakan, baru pertama kali mencicipi masakan bekicot di Dusun Jengkol. “Bumbunya manis pedas. Kuahnya nyemek mas. Dagingnya terasa kenyal, enak sekali,” ucap Rachman.

Usai menyantap hidangan masakan sate dan krengsengan, pengunjung dari luar kota biasanya membeli keripik bekicot untuk oleh-oleh. Harga keripik bekicot kemasan plastik 200 gram dijual seharga Rp 50 ribu.”Kalau keripik bekicot, ada pabriknya. Kita kulak terus dijual lagi ke konsumen,” ucap Rudiati.

Kelezatan olahan masakan daging bekicot ini dapat pengunjung temukan di warung Barokah Mbak Yul yang beralamat di Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga  : 5 Makanan Khas Kebumen yang Lezat

3. Stik Tahu

Stik Tahu
cookpad.com

Warga Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan tahu. Tapi kali ini tahu dibuat berbeda, membuat lidi renyah. Teksturnya sangat renyah dengan rasa asin yang semakin menambah cita rasanya. Rasanya yang renyah dan enak membuat Anda ketagihan dan ingin lebih.

Padahal, tahukah Anda kalau ini adalah bahan makanan yang fleksibel yang bisa disantap dengan hidangan apapun. Seperti yang kita ketahui bersama, tahu kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Karena itu, Anda harus mencoba hidangan renyah ini. Stik tahu orisinal bisa melengkapi waktu santai Anda bersama orang-orang terdekat.

4. Tahu Takwa

Tahu Takwa
radar kediri

Kota Tahu bukan hanya milik Kota Sumedang, tapi juga milik kota kecil di Jawa Timur ini. Tahu ini berwarna kuning dan teksturnya lembut. Tidak hanya bisa dijadikan pelengkap sayur, tapi juga bisa langsung dimakan setelah digoreng. Um … enak!

Jika Anda berwisata ke kota Kediri, tahu ini belum lengkap tanpa dicicipi. Mengetahui bagaimana menjadi religius menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dipilih bagi mereka yang berkunjung ke kota ini. Tahu tawa atau tahu kuning kediri memiliki tekstur yang halus dan lembut saat disantap. Bentuknya kotak segi empat, agak pipih.

5. Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang
youtube

Jika lidah Anda selalu dimanjakan oleh nasi goreng yang dimasak di atas kompor gas, inilah saatnya Anda datang ke Kediri untuk mencoba kembali nasi goreng arang.

Nasi goreng arang adalah hidangan memasak yang populer. Di Kediri, salah satu penjual nasi goreng yang terkenal adalah nasi goreng Mbah Man. Nasi goreng yang disajikan diolah dengan arang tanpa penyedap rasa.

Di Kediri, penjual nasi goreng arang selalu ramai pembeli, tak pelak lagi nasi goreng milik Mbah Man. Alasan pelanggan jatuh hati dan rela menunggu lama saat memesan adalah karena nasi goreng arang dibuat tanpa bahan bumbu.

Sebagai alternatif, bumbu bekas dibuat dengan mencampurkan berbagai bumbu, garam dan kecap. Hal lain yang membuat makanan khas Kediri ini semakin unik adalah penggunaan ayam dari ayam lokal.

6. Nasi Pecel Sambal Tumpang

Nasi Pecel Sambal Tumpang
faktualnews.com

Nama masakan ini sangat unik, dengan sambal yang bertumpuk. Popularitas makanan tumpang tindih di sambal Kediri sama dengan sambal Madiun. Jika masyarakat Madiun menggunakan kecap sebagai menu masakan khasnya, maka Sedbal juga akan tumpang tindih di Kediri.

Tak heran jika hampir setiap toko, dari lantai bawah hingga lantai atas, selalu menawarkan menu sambal yang tumpang tindih. Karena banyaknya pecinta makanan seperti itu, warung nasi yang tumpang tindih pun bisa didekati.

Kuah Sambar Bang Bang memang tidak sepedas kuah kuahnya, tapi memiliki rasa yang unik yaitu eh. Tempe komponen utama pengharum, dan tempe komponen utama yang membuat sambal tumpang tindih.

Namun, ada yang ekstrim saat memilih sambal yang bertumpuk. Padahal, kacang busuk bukanlah pilihan kacang yang sehat atau bagus, melainkan syarat utama untuk mencampurkan sambal. “Temperamen busuk ini adalah temperamen yang sudah dalam keadaan berjamur (fermentasi) beberapa hari,” kata Cordier, salah satu penjual Sambal di Jalan veteran Jidiri, Rabu, 31 Juli 2019.

Ciri unik lain dari kacang busuk ini adalah tidak dapat ditemukan di modern atau supermarket yang menjual sayuran. Penjual tahu busuk biasanya merupakan produsen dan penjual tahu konvensional di industri kecil. Mereka sengaja membiarkan beberapa biji yang sudah matang difermentasi lebih lama hingga membusuk.

Kemudian, jual tahu ke pemilik warung sambam bangbang, atau ke ibu rumah tangga pembuat sambam bangbang. Jika kita tidak menemukan tahu busuk di pedagang sayur, kita bisa menyehatkan tahu kita dengan menyehatkan tauge selama beberapa hari. Hodir memerintahkan: “Tanpa kacang busuk, kamu tidak akan bisa menumpuk daging ginseng.”

Bumbu lain yang perlu disiapkan adalah kencur, daun lemon afrika, daun salam, bawang putih, bawang merah, paprika dan lengkuas. Menambahkan santan akan membuat saus ini lebih moderat dan lebih asin.

Cara meraciknya pun sangat mudah. Masukkan semua bahan ke dalam panci dan rebus dengan air. Setelah cukup empuk, matikan api dan angkat semua bahan kecuali lengkuas dan daun salam.

Ambil kacang busuk yang sudah disiapkan dan uleni menjadi potongan-potongan halus. Taruh di dalam panci. Pada saat yang sama, gunakan blender atau lesung untuk menghaluskan bumbu lain yang telah dikeluarkan dari panci untuk dimasukkan kembali ke dalam panci. Rebus dan tambahkan santan hingga mendidih dan mengental. Hodir berkata: “Tambahkan garam dan gula secukupnya.”

Untuk melakukan ini, taruh sayuran yang sudah matang dan tauge di atas nasi panas, lalu tuangkan saus sambal di atasnya. Paling baik dipasangkan dengan Peyk atau biskuit.

Di Kediri, jenis makanan ini sangat populer. Bahkan orang yang berkunjung ke Kediri di luar kota pasti akan mencari sambal yang tumpang tindih. Arief Purwanto, warga Sidoarjo, mengatakan: “Kalau belum makan sambal tumpang tindih itu tidak mudah.”

Jika tidak ada lauk ikan yang ditambahkan, atau hanya menambahkan tahu goreng, biaya tumpang tindih per porsi daging samba adalah Rp6.000. Jika ditambahkan ayam goreng atau telur puyuh rebus yang ditusuk seperti sate, maka harganya akan disesuaikan.

Baca Juga :  6 Wisata Kuliner di Kediri

7. Sate Emprit

Sate Emprit
wikipedia

Apakah Anda tahu temperamen ini? Artinya, burung yang banyak ditemui di sawah, suka mencuri padi petani. Burung ini selalu menjadi musuh para petani Bayangkan petani enggan menanam padi, sering dicuri oleh burung ini. Namun di tangan Pak Darmanto, burung itu ditusuk menjadi sate yang menjadi favorit para pecinta masak, termasuk petani.

Mungkin Anda akan menganggapnya lucu, atau tidak tega memakan makanan unggas semacam ini. Namun jangan khawatir, karena pakan yang diberikan tidak lagi berupa burung. Selama proses pengolahan, kepala dan kaki diangkat terlebih dahulu, kemudian dagingnya dipotong menjadi beberapa bagian lalu ditusuk. Kemudian bakar dan tutupi dengan bumbu dan kecap manis. Salah satu warung yang menjual sate burung emprit ada di depan SDN 1 Gurah Kediri. Jam buka warung milik Damanto Utara ini adalah pukul 16.00-21.00 WIB.

Pak Darmanto mengungkapkan, sebelum berjualan sate, awalnya ia menjual pertunjukan langsung dengan lukisan warna-warni. Namun karena lesunya penjualan, banyak unggas yang kehilangan nyawa, dan akhirnya guru penjas SDN 1 Gurah ini berinovasi dengan menggunakan sate. Sebelumnya, dia memiliki pengalaman berjualan sate ayam.

Pak Darmanto sendiri awalnya hanya mencoba membuka gerai Sate Emprit di Jl Wahidin, Jl Wahidin, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di luar dugaan, ternyata banyak orang yang menyukai menu Sate Emprit karena ingin mencobanya, dan belum pernah ada pembeli di toko ini.

Perpaduan garam, perasa, kacang tanah dan kecap membuat rasa Sate Emprit lebih enak! Karena daging yang dicampur dengan selai kacang menghasilkan rasa yang unik, seperti ayam, tetapi lebih asin. Namun daging emprit ini memiliki perbedaan yang halus, yaitu jika sate ayamnya masih berwarna putih saat dipanggang, warnanya akan menjadi kecoklatan pada Sate Empritnya. Tekstur keras, tidak lengket, kaya aroma, tidak berlemak, rasa enak. Bagi yang suka makanan pedas, Anda juga bisa mencicipi sate ini dengan sambal yang dibuat dengan mencampurkan cabai, garam dan bawang bombay dengan bumbu.

8. Carang Mas

Carang Mas
cookpad.com

Kalau dulu ada kulit telur di Jakarta yang dijadikan jajan, maka ada carang mas di Jidiri. Ini adalah makanan tradisional Kediri, dan bahan bakunya adalah ubi jalar. Carang mas biasa disantap sebagai camilan.

Rasanya manis dan asin. Makanan jenis ini merupakan makanan favorit anak-anak, karena selain harganya yang murah, biasanya ada juga penjual jinkalan yang berjualan di sekolah.

Bagi yang ingin mencobanya, carang mas juga bisa ditemukan di banyak toko makanan atau pusat oleh-oleh khas Jawa Timur. Jangan salah pilih, carang emas yang benar teksturnya renyah, enak dan tidak terlalu manis.

Mereka biasanya dikemas dalam kaleng kedap udara sebagai makanan ringan rumah tangga, atau dikemas dalam plastik untuk dijual kembali kepada pembeli.

9. Klepon

Klepon
kompas.com

Ingin menikmati klepon? Mungkin bisa mencoba pergi ke Desa Wonosari di Kabupaten Kediri Kecamatan Pagu. Di tempat ini terdapat sebuah toko yang mengkhususkan diri pada jajanan tradisional, salah satunya adalah menu crepe.

Toko bernama Klepon Miroso Wonosari ini kini dijalankan oleh generasi ketiga Rikani (62) dari keluarganya. Bagi saya, penjualan dimulai tahun 1970 dan sampai sekarang.

Harga klepon fast food di toko Rukini sangat nyaman untuk dibawa. Harga jual tiap part Rp. 4000. Saat melewati Kediri, pelanggan luar kota biasanya singgah untuk menikmati jajanan tradisional.

Seorang pelanggan Ayu Citra yang ditemui Super Radio mengatakan bahwa dirinya mendatangi toko Rukini karena bisa langsung memahami proses produksi klepon. Yang tak kalah penting, rasa sliver straight ini legal dan enak, katanya: “Kalau kita di sini, kita bisa tahu proses pembuatannya. Yang penting, rasanya legal. Enak,” jelasnya.

Ruchini sendiri juga membagikan resep kleponnya. Menurutnya, bahan dasar pembuatan klepon antara lain tepung ketan yang diisi gula merah. Setelah matang taburkan kelapa parut segar di atas klepon yang sudah dingin.

10. Cenil

Cenil
yummy app

Cenil adalah salah satu makanan khas Kediri. Meski semakin banyak makanan yang tersedia, makanan tradisional ini masih bisa dipertahankan hingga saat ini. Bahkan tak jarang banyak warga yang mencarinya.

Sunarti, warga RT 22 RW 07 Desa DRT, Desa Dukuh, Jalan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, merupakan salah satu pedagang yang masih eksis di pasar Ngadiluwih. Sunarti bercerita tentang proses dari produksi hingga penjualan. “Makanan tradisional Cenil ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Proses pembuatannya membutuhkan kesabaran dan daya tahan, sehingga memakan waktu lama. Cara pembuatan tapioka adalah dengan mencampurkan tepung kasar dan tepung halus dengan tepung asin. Campur dengan air mendidih. , lalu aduk sampai adonan rata. “Jangan terlalu empuk, Kak. Setelah itu, putar dalam panci hingga membulat, kemudian masukkan ke dalam air mendidih, rebus kurang lebih satu jam, dan aduk hingga mengapung ke atas.Ambil saja, masukkan ke dalam air putih, dan bilas dua atau tiga kali,

Diakui Sunarti, benang-benang kecil dijual di pasar Ngadiluwih mulai pukul 04.30 hingga 10.00. Produk yang dijual ibu ini di pasaran tidak hanya menjual cenil, tapi juga jajanan pinggir jalan seperti klepon dan lopis.

Cenil merupakan jajanan tradisional yang beredar di pasaran, biasanya sebagian ibu mendambakan cenil, kakak-kakak, dan biasanya orang tua sakit setelah sembuh, sampai juga pusing minta cenil abang.

Penjual Cenil di Pasar Ngadiluwih bukan hanya Sunarti. Pasalnya, di pasar tersebut masih banyak orang yang menjual jajanan pinggir jalan seperti Cenil. Banyak orang juga mencari jajanan pasar, biasanya untuk hajatan.

Share this:

Next Post

10 Kuliner Khas Tulungagung

10 Kuliner Khas Tulungagung Makanan merupakan zat yang dimakan oleh organisme untuk memperoleh nutrisi untuk kemudian diolah menjadi energi. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral merupakan nutrisi dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Cairan yang digunakan untuk tujuan ini sering disebut minuman, tetapi istilah “makanan” juga bisa digunakan. Makanan […]
10 Kuliner Khas Tulungagung

Subscribe US Now