8 Kuliner Legendaris Solo yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu

wandtel

8 Kuliner Legendaris Solo yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu

 

Kuliner Legendaris Solo
tokopedia

Kuliner Legendaris Solo –  Kota Solo terkenal memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya. Selain destinasi wisata yang beragam, kota Solo juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kuliner. Kebanyakan kuliner yang ada di kota Solo adalah merupakan kuliner yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Namun walaupun sudah diwariskan dari generasi ke generasi, para penerus tetap mempertahankan resep asli. Jadi soal rasa dijamin tetap asli dan otentik, tidak ada yang berubah.

Kalau kamu berkesempatan mengunjungi kota Solo, jangan lupa ya mengunjungi 10 tempat kuliner legendaris berikut ini ya.

 

1. Tengkleng klewer Bu Di

Tengkleng klewer Bu Edi
kumparan

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Kota Solo merupakan kampung halaman dari sosok Presiden Joko Widodo. Berlokasi di Jawa Tengah, Kota Solo ini dikenal memiliki segudang kuliner legendaris yang menggugah selera.

Salah satunya yang populer di kalangan warga lokal dan wisatawan yakni Tengkleng Klewer Bu Edi. Menjadi kuliner legendaris, ternyata Tengkleng Klewer Bu Edi ini sudah ada sejak tahun 1971 silam lho. Bagi yang belum tahu, tengkleng adalah sajian khas Solo berisi tulang kambing dan dimasak layaknya gulai.Bedanya, tengkleng ini tidak menggunakan daging dan dimasak tanpa santan.

Dahulu, tengkleng buatan Bu Edi ini dijajakan di bawah Gapura Pasar Klewer. Namun adanya aturan dilarang berjualan di bawah gapura, akhirnya Bu Edi pindah ke area Wisata Kuliner Galabo.Ciri khas dari Tengkleng Klewer Bu Edi ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang pincukan.

Selain itu, tentu saja bumbu tengklengnya yang khas ini selalu dirindukan oleh para penikmat kuliner daging kambing.Menu lain yang menjadi andalan Tengkleng Klewer Bu Edi ini di antaranya ada sum-sum dan lidah.

Sajian tengkleng ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 30 ribu – Rp 50 ribuan per porsinya. Untuk tambahan nasinya sendiri, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu.

Alamat Tengkleng Klewer Bu Edi ini berada di Jalan Mayor Nomor 32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.Setiap harinya Tengkleng Klewer Bu Edi ini buka mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan 16.00 WIB.

Wih, lihat tampilannya terlihat segar dan lezat ya? Jadi jika Anda berksempatan menikmati liburan di Solo, jangan lupa untuk mencicipi Tengkleng Klewer Bu Edi ini ya.

Maps

 

2. Sate kere Yu Rebi

Sate kere Yu Rebi
detikfood

Katanya rasa kenyang adalah salah satu deretan makanan Indonesia yang tidak bisa kita tinggalkan. Makanan khas Indonesia ini sangat lekat dengan cita rasa lidah penikmatnya. Guys, di warung sate spesial keluarga Solo ini. Sate Kere Yu Rebi.

Irisan dagingnya yang tipis, aromanya yang unik dan nikmat yang dipanggang dengan asap yang keluar dari arang akan sangat menarik perut. Coba saja di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Teposanan tepat di belakang Stadion Sriwedari Solo. Di sini, jika Anda mencium aroma sedap dari Sate Kere Yu Rebi salah satu warung sate terkenal di Solo ini, Anda pasti akan terpikat dengan masakan kuliner khas Solo ini, jangan heran.

Sate Kere ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi, bukan hanya daging. Pasalnya, sate jenis ini tidak hanya berasal dari daging, tetapi juga dari jeroan sapi yang istimewa. Diantaranya adalah “kere”. bagaimana bisa?

Daging identik dengan barang mahal, dan hanya kelas menengah atas yang mampu membelinya. Dari sanalah muncul nama Sate Kere. “Kere” mengacu pada orang miskin atau kelas bawah. Meskipun itu Kiel, itu masih berumur panjang. Panjang umur, karena sate visceral jenis ini tidak sendiri. Sate Offal ditemani Sate Gentang. Gentang adalah residu atau residu pembuatan temp kacang. Bayangkan ada daging, daging yang berbeda, babat, limpa, paru-paru, hati, usus, ginseng, torpedo, batu pecah, permata kacang, dll, semuanya di atas piring dengan selai kacang, serpihan cabai dan kecap. Keren? Miloso tenan (Miroso tenan).

Kebanyakan orang biasanya menghindari sakit perut penuh. Ya, kolesterol diterima! Tapi jangan sedih, buat yang mengaku penyuka memasak dan pecinta travelling wajib mencicipi Sate Kere Yu Rebi. Yu Rebi punya cara khusus dalam menyajikan jeroan sapi. Sebelum dibakar, bahan-bahan ini terlebih dahulu dibumbui dengan Bacillus. Taburi dengan selai kacang dan kentang tumbuk tidak terlalu kental dan kecap, irisan cabai, dan tambahkan lontong atau nasi. Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sate Gentang.

Berhenti saja di Sate Kere Yu Rebi. Pusatnya ada di belakang Sriwedari dan hanya buka mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Jangan khawatir, jika Anda masih ingin menginap di malam hari, Sate Kere Yu Rebi masih buka di toko lain, mendekati Penumping (antara pukul 18.00-22.00). Anda bisa menyajikan sate dengan berbagai IDA, sate mulai dari IDA 30.000, daging sapi dan tahu empuk.

Maps

3. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman
travelingyuk.com

Serabi Notosuman memang sudah sangat terkenal di Kota Solo. Nama “Notosuman” diambil dari Jl. Notosuman, usaha ini sudah beroperasi sejak saat itu. Jalan Notosuman sendiri kemudian diubah menjadi Jalan M. Yamin.

Makanan ini terbuat dari bihun, pandan, vanili, gula pasir, santan dan garam. Salah satu ciri khas Serabi Notosuman adalah mereka menumbuk sendiri nasinya yang merupakan bahan bakunya. Beras yang digunakan juga kualitas paling tinggi yaitu beras Cendani dari Cianjur. Kualitas selalu menjadi fokus pemilik bisnis. Kue ini juga benar-benar bebas bahan pengawet, sehingga hanya bisa bertahan satu hari.

Bisnis Serabi Notosuman dimulai oleh pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan, yang awalnya mendapat pesanan kue terbaik dari tetangga mereka pada tahun 1923. Namun seiring berjalannya waktu, karena banyak orang yang menyukainya, mereka mengembangkan bisnis pembuatan pancake, kemudian secara bertahap berkembang menjadi bisnis pancake. Bisnis warisan, turun-temurun.

Umumnya demi memuaskan selera pembeli, banyak produsen serabi yang menjual kue ini dalam berbagai rasa dan aroma, seperti nangka, strawberry, pandan, keju dan lain sebagainya. Namun, dari dulu hingga sekarang, Serabi Notosuman hanya memproduksi dan menjual pancake dalam dua varian rasa, yakni shirabi warna solid dan pancake cokelat. Harga satuan pancake biasa adalah Rp2.200, sedangkan harga satuan pancake coklat adalah Rp2.400. Serabi Notosuman terletak di Jl. M. Yamin No. 28, solo. Telepon: 0271 651852.

Maps

4. Gudeg ceker Bu Kasno

Gudeg ceker Bu Kasno
kmstour.com

Dari sekian banyak kuliner kuno Solo, Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan adalah salah satunya. Gudeg Cekerini sudah ada sebelum tahun 1970-an dan masih bertahan di trotoar Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo, Jawa Tengah atau sebelah barat SMAN 1.

Hal yang menarik dari Gudeg Ceker ini adalah tidak buka pada sore atau pagi hari seperti Gudeg hangat lainnya, melainkan sekitar pukul 01.00 hingga sekitar pukul 06.00 / 07.00 WIB dini hari. Namun, saat subuh, biasanya nasabah membeli Gudeg Ceker. Meski baru buka dini hari, namun tetap menjadi incaran para pemburu kuliner yang menderita kelaparan setelah tengah malam. Meski ini bukan saat yang wajar bagi orang untuk keluar rumah, ternyata pembeli banyak sekali di sini. Pemandangan unik yang jarang ditemukan di tempat memasak.

Saat akhir pekan tiba, tim pengunjung memenuhi booth tenda seluas sekitar 20 meter persegi. Apalagi saat Ramadhan. Banyak orang menikmati suasana Sahel di sini. Jika Anda datang ke toko ini, Bu Kasno dan stafnya akan melayani Anda dengan antusias. Aktivitas di kota masih sangat sepi, sesekali terdengar suara bis antarkota, dan lagu-lagu pengamen sendiri menjadi cerita dan kenangan.

Selain itu, toko ini tidak menggunakan meja, melainkan hanya bangku panjang, yang bisa melayani tamu. Karena itu, saat makan, dukung atau dukung piring dengan tangan Anda. Di toko, Bu Kasno sedang duduk di sana, siap melayani pesanan pembeli. Di depannya ada kuali berisi sambal goreng hangat, ceker ayam, dan aneka lauk pauk seperti ayam, telur dangdang, dan tahu.

Saat akhir pekan tiba, tim wisata akan memenuhi stand tenda seluas sekitar 20 meter persegi. Apalagi saat Ramadhan. Banyak orang menikmati gaya Sahel di sini. Jika Anda datang ke toko ini, Bu Kasno dan stafnya akan melayani Anda dengan antusias. Aktivitas di kota masih sangat sepi, sesekali terdengar suara bus antarkota, dan lagu para pengamen itu sendiri adalah cerita dan kenangan.

Selain itu toko ini tidak menggunakan meja, melainkan bangku yang hanya melayani tamu. Oleh karena itu, mohon dukung atau dukung piring dengan tangan Anda saat makan. Di toko, Mrs. Casno sedang duduk di sana, siap melayani pesanan pelanggan. Di depannya ada panci besar berisi sambal goreng hangat, ceker ayam dan berbagai lauk seperti ayam, telur dangdang dan tahu.

Saat akhir pekan tiba, tim wisata akan mengisi kerangka tenda seluas sekitar 20 meter persegi. Apalagi saat Ramadhan. Banyak orang menyukai gaya Sahel di sini. Jika Anda datang ke toko ini, Bu Kasno dan stafnya akan melayani Anda dengan antusias. Aktivitas di kota masih sangat sepi, sesekali terdengar suara bus antarkota, dan lagu para pengamen itu sendiri adalah cerita dan kenangan.

Selain itu toko ini tidak menggunakan meja, melainkan bangku yang hanya melayani tamu. Oleh karena itu, mohon dukung atau dukung piring dengan tangan Anda saat makan. Di toko, Nyonya Casno sedang duduk di sana, siap menerima pesanan pelanggan. Di depannya ada sepanci besar sambal goreng panas, ceker ayam dan aneka lauk seperti ayam, telur dangdang dan tahu.

Maps

5. Es dawet telasih Bu Dermi

Es dawet telasih Bu Dermi
tribunnews.com

Dalam satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi, Anda akan diberikan campuran santan, cendol, gula aren, irisan nangka, bubur sumsum tulang dan ketan hitam. Jenis es ringan ini dihargai oleh pembeli khusus dan berbeda karena penggunaan bahan-bahan alami.

Jumlah penjualan yang kecil tidak membuat dingin samar legendaris ini menarik wisatawan. Padahal, dalam sehari, pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi bisa menjual banyak barang.

“Sehari bisa lebih dari seratus eksemplar tanpa dibawa pulang. Cabang tetap menjualnya di pasar karena tetap ingin mempertahankan kesan tradisionalnya,” kata Uti, generasi ketiga pemilik Es Dawet Telasih Bu Dermi.

“Awal kenapa jual es dawet juga karena dulu di Pasar Gede ini belum ada yang jual. Dan dulu zaman saya kecil dijual dengan harga Rp250 saja” tambah Uti.

Karena keunikannya tersebut, tak heran minuman ini menjadi kuliner yang legendaris di Solo.

“Kalau gak makan kesini kepikiran, jadi tempat wajib kalau ke Solo. Gak ke Solo rasanya kalau enggak mampir kesini. Rasanya unik gitu, bikin nagih. Ke sini itu dari zaman harganya masih Rp2.500, sekarang udah Rp 10.000” kata Yuli pengunjung setia Es Dawet Telasih Bu Dermi asal Depok.

Satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi Solo ini dijual dengan harga Rp10.000 dan bisa dinikmati pada 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Namun perlu diingat, jika ingin menikmati Es Dawet Telasih Bu Dermi, siap-siap antre ya.

“Semoga Es Dawet Telasih Bu Dermi ini tetep bisa maju, dan bisa lebih luas lagi penyebarannya untuk di Kota Solo, supaya turis dan orang luar kota lainnya tetep bisa datang ke Solo,” harapan Uti.

Maps

6. Nasi liwet wongso lemu

Nasi liwet wongso lemu
pemerintahan surakarta

Setelah seharian menikmati suasana kota solo, perut akan terasa lapar. Nasi Liwet merupakan salah satu menu yang memudahkan Anda untuk mengakses solo dengan lebih mudah. Nasi Liwet adalah salah satu makanan paling terkenal di kota.

Nasi Lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan. Saat makan, nasi, labu siam, ayam dangdang cincang, jeroan ayam, telur dangdang dan irisan tahu kuning saling melengkapi. Satu hal yang membuat cita rasa makanan ini unik adalah bumbu khasnya yang bernama Arui. Areh terbuat dari telur rebus, santan dan aneka bumbu. Semua bahan dimakan di atas daun pincuk.

Di Solo, penjaja bihun menjadi tujuan utama para pecinta masak. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu berlokasi di kawasan Keprabon Kulon, tepatnya di Jalan Teuku Umar.

Jika anda datang ke jalan ini, jika menemukan beberapa warung dengan slogan yang sama yaitu Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, mohon jangan bingung. Tidak ada yang nyata atau palsu. Warung-warung ini milik anak-anak Bu Wongso Lemu yang telah mewarisi usaha yang digeluti Bu Wongso sejak tahun 1950.

Warung nasi liwet di jalan ini buka setiap pagi mulai pukul 16.00 hingga 02.00. Harga satu millet adalah Rp 15.000.

Maps

 

7. Soto Gading

Soto Gading
travel kompas

Jika Anda suka berwisata kuliner, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba kelezatan kuliner rakyat ini. Di Solo, Jawa Tengah, ada beberapa warung makan yang menjual soto ayam. Namanya Soto Gading dan alamatnya Jalan Brigjen Sudiarto 75. Nama Gading tidak ada sangkut pautnya dengan gajah, melainkan merupakan nama daerah di selatan Keraton Kasunanan Surakarta.

Meski bukan restoran mewah yang mahal dan terkesan tidak eksklusif, gerai soto Solo yang didirikan oleh Siswo Martono pada tahun 1974 ini telah menjadi rekrutan presiden dan pejabat negara Objek.

“Satu-satunya orang yang tidak pernah menginap di sini adalah Presiden BJ Habibie. Park Yokowi (Presiden Joko Widodo) sudah menjadi pengunjung tetapnya sejak menjadi walikota. Selama menjabat, ia beberapa kali singgah di sini.

Meski kerap dikunjungi pejabat negara, Martino yang kini memiliki tiga cabang restoran dan menu yang sama, tak mau mengubah bentuk bangunan tokonya yang sederhana. Ia bangga dengan bangunannya karena memiliki bangunan yang sederhana, dan warung makan miliknya masih ramai dikunjungi wisatawan dari masyarakat biasa hingga pejabat negara.

Dia bercanda: “Saudaraku, ini kontrak. Dulu hanya tujuh kaki. Saya ingin berdiri dan dimarahi oleh tuannya.”

Ia tak mau membeberkan pendapatan pria beranak tiga itu. Dia berkata: “Saya tidak pernah menghitung omzet. Saya tidak tahu berapa kilogram beras yang habis setiap hari.”

Di sepanjang Jalan Brigjen Sudiarto ini, terdapat sejumlah warung soto dengan cita rasa yang hampir sama. Namun, yang menawarkan cita rasa yang khas dan paling banyak digemari oleh para pengunjungnya adalah Soto Gading.

Selain suasana yang nyaman, rasa yang nikmat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Soto yang disajikan mempunyai kuah agak kental dengan warna bening. Rasanya gurih dan sedikit berlemak hasil dari kaldu ayam dengan porsi yang cukup.

Sebagai teman soto, anda bisa menikmati aneka lauk yang tidak kalah menggoda, seperti tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin, aneka jeroan, dan lainnya. Untuk minuman ada teh rasa ginaste (legi/manis, panas, kental) khas Solo disajikan dengan gelas rumahan sangat pas disajikan bersama soto.

Sedangkan untuk harga, anda tidak perlu khawatir. Meski tempat makan presiden dan pejabat anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribu untuk soto dan segelas teh. Untuk lauk anda dapat menikmatinya dengan harga mulai Rp 1000. Warung Soto Gading buka pukul 05.30 dan tutup pada pukul 15.30 WIB.

Maps

8. Nasi pecel dan sambel tumpang Bu Kis

Nasi pecel dan sambel tumpang Bu Kis
wonderful solo

Mau sarapan enak di Solo? Ada Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis. Di area belakang kantor pengadilan tunggal. Kebetulan di Jalan Gleges, Priyobe dan Solo. Lokasinya tidak jauh dari THR Sriwedari, Hotel Dana atau Batik Danarhadi. Jadi jika ingin menjelajahi kota Solo di kawasan ini, Anda bisa mampir dan mencicipi makanan khas Solo, Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis.

Warung Nasi Pecel Bu Kis adalah warung sederhana yang menyediakan berbagai macam lauk untuk Nasi Pecel. Mulai dari babat, empal, telur, ayam hingga segala jenis jeroan, selera makan Anda akan sangat meningkat.

Kuah pecel yang ada di warung ini adalah kuah solo yang khas. Tidak terlalu pedas, tapi terutama manis. Disajikan dengan daun pepaya segar, bayem, bunga turi, kenikir, tauge dan kol dengan selai kacang.

Menu lain yang juga istimewa ada Sambel Tumpang. Sambel Tumpang ini bukan sambel yang diolah dan disajikan dengan cobek, melainkan diolah menjadi sayur berkuah santan. Santan dimasak dengan tempe semangit, atau tempe yang hampir busuk. Wiiih kok gitu banget ya? Jangan salah kira dulu, tempe busuk yang dimaksud bukan tempe tidak layak konsumsi, tetapi tempe yang sudah terlihat agak menghitam dan berbau mirip terasi. Apalagi ada tambahan krupuk rambak yang dimasak bersama santan (cecek), sambel, dan tempe. Paduan yang endes. Katanya sih yang bikin enak dan istimewa ya bahan tempe semangit ini. Meski demikian, rasanya perlu dicobain, bakalan ketagihan malah.

Selain pecel dan sambel tumpang, ada juga menu kuliner khas kota Solo lainnya seperti Selat Solo, Gudangan & Trancam (urap khas Solo), dan Tahu Acar.

Cobain deh, bisa sarapan, brunch, atau makan siang. Warung Pecel Bu Kis ini buka jam 07.00—14.00 (Minggu libur).

Maps

Share this:

Next Post

5 Makanan Khas Kebumen yang Lezat

5 Makanan Khas Kebumen yang Lezat   Makanan Khas Kebumen –  Kebumen merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi Kebumen juga memiliki beberapa makanan khas Kebumen. Jalan jalan ke Kabupaten Kebumen kurang pas jika […]
5 Makanan Khas Kebumen yang Lezat

Subscribe US Now