5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan

wandtel

5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan

5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan
tokopedia

Makanan Khas Jambi –  Adakah yang tahu spesialisasi favorit Jamby? Ya, Tempoyak adalah salah satu makanan paling populer di Jambi, tidak hanya banyak makanan lainnya, silakan simak uraiannya di bawah ini.

Jambi adalah nama sebuah provinsi di pesisir timur Sumatera bagian tengah.

Di Sumatera terdapat tiga provinsi dengan ibu kota yang sama. Selain Bengkulu dan Gorontalo, Provinsi Jambi juga memiliki ibu kota dengan nama yang sama yaitu Jambi.

Dari segi popularitas, Jambi mungkin tidak dielu-elukan sebagai objek wisata.

Namun meski begitu, Jamby tetap memiliki kekayaan wisata yang beragam, khususnya wisata kuliner.

Wisata kuliner di kota seluas 305,38 kilometer persegi ini bisa mengenyangkan dan menambah pengalaman baru bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Jambi.

Jika Anda berencana mengunjungi Kota Jambi, maka jangan lewatkan kuliner Jambi yang terkenal dengan kulinernya yang lezat.

1. Tempoyak

Tempoyak
wikipedia

eatshowandtell – Tempoyak adalah salah satu rempah lokal di Indonesia. Terbuat dari durian yang difermentasi memiliki aroma yang kuat dan rasa yang unik.

Rempah-rempah Indonesia konon tak bisa meninggalkan tempoyak yang merupakan hasil fermentasi ampas durian. Biasanya tempoyak dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi. Tapi itu juga bisa digunakan sebagai campuran bumbu dan bumbu.

Bahan utama tempoyak adalah pohon durian matang atau durian yang hidungnya agak berair. Daging durian perlu dihancurkan dan diasinkan untuk mempercepat proses fermentasi. Kemudian masukkan adonan ke dalam toples kedap udara dan diamkan selama 3-5 hari.

Hasilnya sayur durian ini memiliki aroma yang kuat. Teksturnya lembut dan memiliki rasa asam yang unik. Menurut laporan, rasa asam tersebut berasal dari bakteri asam laktat tingkat tinggi (BAL) yang terbentuk selama proses fermentasi.

Tempoyak sangat populer di Sumatera, khususnya Jambi, Palembang, dan Lampung. Dan Kalimantan. Penjual tempoyak banyak ditemui saat musim durian.

Tempoyak Sumatera diolah menjadi masakan khas seperti sambal atau digunakan sebagai bumbu yang dicampur dengan ikan. Salah satu yang paling populer adalah brengkes atau pepes tempoyak dari Jambi.

Pepe ini biasanya dibuat dari ikan lele, mujair atau udang. Restoran Duo Nenek merupakan salah satu penjual jajanan tempoyak yang enak. Pemiliknya menjelaskan cara membuat tempoyak brengkes.

Pertama, cuci ikannya. Selanjutnya buat bumbu dari kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai dan garam. Lalu goreng bumbu halus.

Tambahkan bubuk bumbu ke dalam tepung ikan segar, lalu campur daun jeruk tipis dengan tempoyak. Terakhir, ikan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Selain si bajingan tempoyak, ada pula tempoyak pindang patin. Daging ikan yang empuk dan asin, dicampur dengan tempoyak dan diasinkan. Jika ingin mencicipi.

 

Baca Juga : 10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

 

2. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan
cookpad.com

Gulai tepek ikan jadi suguhan khas saat pernikahan, kenduri, atau acara adat di Jambi. Sajian berkuah santan ini berisi potongan ikan tenggiri atau gabus yang diolah mirip pempek.

Berada dekat Sumatera Selatan dan Sumatera Barat membuat kuliner provinsi Jambi sedikit banyak mirip kuliner di kedua provinsi tersebut. Olahan ikan air tawar seperti tenggiri, gabus, dan belida pun populer di ketuga wilayah ini.

Jika Sumatera Selatan punya pempek dan Sumatera Barat punya gulai, maka Jambi punya gulai tepek ikan. Ikan tenggiri atau gabus diadon bersama tepung sagu dan bawang putih, kemudian dibentuk seperti pempek lenjer dan dimasak hingga matang. Adonan ini lalu dicampurkan ke dalam kuah santan gulai yang gurih asam.

Rasa asam pada kuah gulai berasal dari penggunaan nanas. Selain nanas, setidaknya ada belasan bumbu yang jadi bahan pembuatan kuah gulai. Seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, lengkuas, jahe, cabai merah, adas manis, santan kelapa, nanas, garam, dan gula.

Bumbu ini perlu ditumis hingga wangi lalu ditambahkan adas manis. Setelah itu barulah dihaluskan. Sementara itu, santan dipanaskan dalam panci terpisah hingga mendidih. Barulah bumbu halus tadi dimasukkan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

Langkah terakhir ialah memasukkan tepek ikan yang telah dipotong kecil-kecil. Lalu tambahkan nanas, gula, dan garam sesuai selera.

Nama ‘tepek’ sendiri sebenarnya berarti dipadatkan atau dipipihkan. Sesuai dengan proses ketika membuat adonan ikan dan sagu sebelum akhirnya direbus hingga matang. Tepek ikan yang sudah matang kemudian didinginkan dan dipotong kecil-kecil berbentuk jajar genjang.

Gulai tepek ikan bisa dijumpai saat momen-momen tertentu seperti pernikahan, kenduri, atau acara adat di Jambi. Gulai tepek ikan cocok dimakan bersama nasi gemuk.

Kalau tertarik mencicip, di kawasan Tahtul Yaman ada beberapa rumah makan yang menawarkannya. Tak perlu takut sulit mencari alamat, Anda bisa mengandalkan jaringan internet kuat di Jambi untuk menemukan kawasan ini. Perjalanan mencari seporsi gulai tepek ikanpun jadi lebih mudah. Mampir yuk! di langsir dari food.detik.com

3. Gulai Terjun

Gulai Terjun
cookpad.com

Gulai Tepek Ikan adalah hidangan lezat asli Jambi. Sebagai masakan adat khas Jambi, Gulai Tepek Ikan sering disajikan di acara-acara adat seperti pernikahan maupun acara keagamaan. Kuliner tradisional Jambi ini merupakan perpaduan antara tepek ikan yang sekilas mirip pempek Palembang dengan kuah gulai yang rasanya asam gurih. Makanan berkuah santan ini menggunakan irisan ikan tenggiri, gabus, atau belida yang diolah mirip pempek dan dimasak hingga matang.

Kata tepek pada nama makanan ini merujuk pada proses pembuatan adonan ikan yang dipadatkan atau dipipihkan sebelum direbus hingga matang. Tepek ikan yang sudah matang akan disajikan dalam bentuk potong-potongan kecil berbentuk jajar genjang bersama kuahnya yang asam, gurih, dan segar.

Pempek memang identik dengan kuah asam manis. Berbeda dengan saus lainnya, sausnya bukanlah cuka, melainkan saus sambal. Sambal ini di campur dengan daun jeruk nipis dan daun kunyit sehingga rasanya lebih enak.

Namanya yang unik berasal dari tekstur Air Terjun Gulai yang lebih cair dibandingkan varian kari lainnya. Cara memasak khas jambi biasanya disediakan oleh masyarakat jambi setiap hari.

Curry Falls adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar daging. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, kerbau atau kambing. Daging olahan tersebut nantinya akan disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan, dengan tekstur yang halus.

Curry Curry juga sering disandingkan dengan umbut kelapa. Perpaduan air terjun kari dan umbut kelapa ini biasa dijumpai pada acara pernikahan, khitanan dan berbagai acara adat Jambi.

Bagi orang yang belum pernah ke Sumatera pasti masih asing dengan Yugai. Makanan ini merupakan salah satu masakan khas Jamby yang di buat dengan bahan dasar ikan air tawar. Ikan yang digunakan untuk membuat croissant antara lain ikan nila, gurame, dan ikan mas. Ikan pilihan kemudian diolah dengan bumbu lengkap, kemudian digoreng dengan daun kunyit hingga menghasilkan aroma yang unik.

Banyak rumah makan di Kota Jambi yang menjual makanan khas Jambi ini. Fish cap yang disediakan resto atau resto biasanya hanya digoreng saat pelanggan memesan. Ada menu pelengkap ikan berupa sambal dan sayur.

Inilah empat makanan khas Jambi yang berbahan dasar ikan. Gimana, bisa dibayangkan betapa enaknya ya?

 

Baca Juga : 6 Makanan Khas Wonogiri ini yang Wajib Kamu Coba

 

4. Bolu Kojo

Bolu Kojo
cookpad.com

Selatan tidak hanya terkenal dengan kuliner olahan ikan atau dagingnya. Bumi Sriwijaya juga punya penganan tradisional yang hingga kini tetap jadi favorit terutama kala acara-acara adat.

Salah satunya yaitu bolu kojo. Bolu kojo merupakan kue berbahan tepung terigu yang dibikin manis. Kue ini biasanya berwarna hijau cerah dari daun pandan.

Nama “kojo” berarti kemojo atau kamboja. Kue bolu kojo ini diambil karena pada awalnya bentuk kuenya mirip kembang kamboja. Bentuk bunga ini sangat menarik dan ingin mencicipnya. Namun saat ini, bentuk dan ukurannya tak melulu kemojo.

Selain di Sumsel, kue khas Melayu ini juga dapat ditemukan di Jambi, Riau, dan Bengkulu. Bolu kojo termasuk penganan ketika acara-acara adat atau juga ketika hari raya.

Kue kojo cukup populer dijadikan oleh-oleh khas Palembang. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkanya saat bulan Ramadan sebagai sajikan berbuka puasa.

5. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis
cantik tempo.co

Kue khas jambi yang bernama “putri kandis” merupakan kue basah yang bentuknya indah namun rasanya enak karena menggunakan banyak telur dan gula.

Rika adalah salah satu warga Seberang di Kota Jambi, dan Richard Antara berbicara dengannya pada Minggu. Kue ini merupakan salah satu kue paling enak di antara kue basah khas Jambi.

Rica mengatakan, kombinasi warna kue “Puti Kandis” biasanya hijau, coklat, dan kuning. Namun, asal muasal kue “Putri Kandis” tersebut belum ditemukan dengan jelas.

Rika menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat kue ini sangat mudah, namun proses pembuatannya harus hati-hati sehingga memakan waktu yang tidak sedikit.

Sarana yang digunakan untuk ukuran loyang yang disebutkan Rika adalah telur, sekaleng susu putih, gula pasir satu kilogram, mentega camp, sedikit tepung atau satu sendok teh dan kelapa, kemudian dijadikan kelapa. susu dan dua bungkus vanilla, “katanya.

Dalam proses pembuatan telur, sebanyak 30 butir telur atau satu piring dipecah dan dicampur gula hingga membentuk telur, kemudian diaduk (tanpa dikocok) hingga gula menjadi halus. Kemudian lelehkan mentega setelah dingin, dan masukkan ke dalam campuran telur dan gula.

“Bagi bahan yang sudah diaduk menjadi dua wadah adonan, tambahkan santan, dua bungkus vanili, sekaleng susu putih dan satu sendok teh tepung menjadi satu adonan. Lalu panggang lapis demi lapis hingga adonan habis,” jelasnya Say .

Share this:

Next Post

5 Makanan Khas Ternate Maluku Utara

5 Makanan Khas Ternate Maluku Utara Makanan Khas Ternate  – Makanan khas Maluku Utara bisa dinikmati di berbagai tempat. Anda sangat tertarik untuk mencoba makanan yang berbeda, bukan? Karena rasa makanan sangat berbeda, berbeda dengan makanan yang Anda makan setiap hari. Maka dari itu, jika Anda sedang berlibur atau sekedar […]
11 Makanan Khas Ternate Maluku Utara

Subscribe US Now