7 Makanan Khas Cilacap yang Enak dan Bikin Ngiler

wandtel

7 Makanan Khas Cilacap yang Enak dan Bikin Ngiler

7 Makanan Khas Cilacap yang Enak dan Bikin Ngiler
kuliner kota

 

 

Makanan Khas Cilacap –  Berita masakan Ambon selanjutnya adalah tentang Woku Komo Komo. Woku Komo Komo adalah salah satu makanan khas yang harus Anda coba saat mengunjungi Ambon. Bagi yang penasaran dengan Woku Komo Komo, berikut ini sebuah komentarnya.

Woku Komo Komo merupakan salah satu produk khas dan makanan pokok masyarakat Ambon dan masyarakat Indonesia Timur lainnya. Makanan Woku Komo Komo merupakan makanan yang dibuat dengan bahan baku utama sagu. Namun ternyata selain dijadikan sebagai makanan pokok, Woku Komo Komo juga bisa dijadikan hidangan utama untuk lauk dan acara.

Alam kota Cilacap didominasi oleh pantai karena letak geografisnya yang berdekatan dengan samudra Hindia. Tercatat setidaknya ada sekitar 10 pantai yang ada di kota tersebut yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan.

Selain wisata alamnya, Cilacap juga menyimpan surga dalam hal makanan. Jika kamu suka jalan-jalan dan gemar makan, tidak ada salahnya mengunjungi kota Cilacap ini. Karena kamu akan menemukan berbagai jajanan dan oleh-oleh khas Cilacap yang bisa di icip atau pun dibawa pulang.

1. Tahu Masak

Tahu Masak
cookpad.com

Tahu masak adalah kudapan sejenis kupat tahu yang populer di wilayah Banyumasan. Makanan ini utamanya terdiri dari tahu putih yang digoreng setengah matang dan dipotong-potong; lontong yang juga dipotong-potong; ditambahi tauge dan kadang kala juga irisan kubis yang telah direbus; kerupuk kecil-kecil atau yang diremukkan; taburan bawang goreng; dan disiram dengan bumbu kacang atau kecap manis. Rasanya terutama manis dan pedas, karena kandungan cabai rawit dalam bumbunya.

Tahu masak biasa dijual pada kedai-kedai kecil di tepi jalan atau di dekat pasar di perdesaan; bersama dengan tempe mendoan, aneka gorengan, ketan atau oyek bertabur kelapa parut, dan lain-lain.

2. Sate Martawi Cilacap

Sate Martawi Cilacap
tripadvisor

eatshowandtell – Dagingnya tebal, bumbu enak, empuk saat digigit. Itulah Sate Martawi. Berhubung potongan ayamnya besar, menikmati sate khas Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah pasti lebih memuaskan.

Karena dagingnya dipotong sangat tebal, diperlukan dua tusuk sate untuk membakarnya. Sebelum dibakar, rendam Satai dalam campuran bawang merah, bawang putih dan kecap manis.

Sekilas, sate ini mirip dengan sate gagrak yang ada di kebumen. Bedanya, Sate Martawi menggunakan selai kacang, sedangkan Satai Gagrak menggunakan bumbu kacang tumbuk. Keduanya dipasangkan dengan lontong.

Ingin mencicipi rasa asin dan manis dari Satai Martawi? Jika Anda ke Cilacap, silakan mampir dulu ke warung yang menjual satai ini. Sepuluh tusuk sate ini biasanya dijual dengan harga Rp 25.000.

Satai ini bisa kamu cicipi di Jalan Brigjend Katamso, Jalan S Parman, Jalan Rinjani atau Jalan Flores.

 

Baca Juga : 8 Makanan Khas Balikpapan Terkenal Enak Banget

 

3. Brekecek

Brekecek
travel.kompas.com

Namanya terdengar aneh, aneh dan unik. Namanya “brekecek”, yang merupakan makanan khas Kota Cilacap, Jawa Tengah.

Hotel Dafam Cilacap menganut tema pelestarian keistimewaan Kota Cilacap, dan mengemas brekecek dengan cermat. Anda pasti penasaran dengan Brekecek.

Menurut humas hotel Dafam Cilacap Kompas.com Heni Febriyanti, Kamis (2/10/2014), nama brekecek berasal dari kata “brek” yang artinya dijatuhkan atau diletakkan, sedangkan kata “kecek” artinya cek bahan.

Heni menjelaskan, brekecek di Cilacap identik dengan kepala ikan Jahan, atau “Pathak Jahan” dalam bahasa Banyumasan. Ia berkata: “Yang menikmati seni brekekek adalah ikan pasak atau kepala ikan.”

Ia melanjutkan: “Kepala ikan jahan atau pathak diramu dan dicek dengan bumbu khas. Brekekek ini rasanya hampir mirip rica-rica. Tapi tentu berbeda karena ada beberapa perbedaan.” Heni terus tergerak dengan unik oleh merek ini. , Hotel Dafam Cilacap dipromosikan menjadi menu utama hotel.

Dia berkata: “Antara lain, kami hanya ingin memperkenalkan lebih banyak kuliner khas dari Kota Sirakap, yang makanan lautnya sangat kaya.”

Dafam Cilacap dinobatkan sebagai Brekecek Festival dengan promo makanan selama tiga bulan dari Oktober 2014 hingga Desember 2014. Selain ikan, agar lebih menarik, Brekecek juga menawarkan udang, cumi-cumi, daging, ayam, dan seafood lainnya dengan lebih banyak ragam. Heney mengatakan: “Dengan harga yang terjangkau, menu tersebut diharapkan dapat memuaskan rasa penasaran para tamu hotel dan wisatawan yang sengaja bersantap di Duffam Hotel.”

Dalam peluncuran promosi Brekecek pada Rabu (1/10/2014), Hotel Dafam Cilacap mengundang seluruh perusahaan, partner, tamu long stay, dan partner hotel untuk berpartisipasi di Orchid Lounge and Bar.

Menurut Heni, promo brekecek sekaligus membantu Pemkab Cilacap mengangkat secara khusus kuliner khas daerah serta mendongkrak perkembangan wisata kuliner di kota Cilacap yang dikenal sebagai kota penghasil ikan dan kota nelayan. “Sajian brekecek ini dapat dinikmati setiap hari di Rafless Resto,”  travel.kompas.com

 

4. Thempleng

Thempleng
kuliner kota

Makanan ini terbuat dari beras ketan, nasi ketan dibungkus dengan janur kuning. Kedua ujungnya diikat dengan tali bambu. Bentuknya unik. Beberapa daerah juga ada makanan ini. Beberapa daerah terdapat pisang atau bahan lainnya. Buat tali skipping untuk wanita hamil dengan tujuh aktivitas per bulan atau bulan. Lepet adalah hidangan yang disiapkan untuk tamu undangan. Ada mitos yang mengatakan jika Lepetnya Xian berarti bayi yang lahir dari anak laki-laki, atau sebaliknya berarti bayinya perempuan.

Jajanan tradisional ini disebut lepet atau lepat dan dulunya dijual oleh pedagang kue tradisional di sekitar atau di pasar. Di pasar tradisional Jawa masih banyak pedagang yang seperti itu. Keistimewaan dari jajanan ini adalah bungkusnya yang terbungkus rapi dari daun kelapa muda (disebut juga daun kelapa).

Fakta membuktikan bahwa membuat daun kelapa melingkar yang tinggi ini tidaklah mudah. Setelah itu, adonan ketan yang sudah diaduk dengan kelapa bubuk dan kacang awan putih ditambahkan pada 3/4 tinggi daun.

Kemudian tancapkan ujung daun, ikat dan kencangkan kedua ujungnya dengan serutan kelapa. Setelah itu rebus skipping rope dalam air mendidih selama beberapa jam hingga lunak.

Kemudian tiriskan tahap terakhir hingga dingin. Karena ini adalah daftar panjang makanan legal yang enak, dan rasanya enak. Makan enak di pagi hari dengan kopi panas dimatikan.

 

Baca Juga : 8 Makanan Khas Sidoarjo Enaknya Bikin Penasaran

 

5. Mendoan Cilacap

Mendoan Cilacap
cookpad.com

Mendoan merupakan makanan khas dari Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya. Mendoan dibuat dengan irisan tipis tahu yang dicelupkan ke dalam adonan tepung cair, yang telah dibumbui kemudian digoreng hingga setengah matang. Mendoan tidak digoreng sampai crispy atau crispy, karena Mendo artinya lembek / setengah matang.

Bahan:
Serpihan tempe biasanya dibungkus dengan daun pisang
Tepung beras dicampur sedikit dengan tepung terigu.
Daun bawang cincang halus
Bumbu termasuk bawang putih, ketumbar dan garam halus
Minyak goreng

Mendogan sangat nikmat bila dimakan panas / panas. Apalagi bila dikonsumsi dengan sambal atau kecap. Jika kita berada di kawasan Banyumas, Cilacap, Purbalingga atau Banjarnegara, sangat mudah menemukan Pedagang Mendo di warung pinggir jalan.Perbedaan dengan gorengan tempe kebanyakan adalah tempe mendoan digoreng hanya setengah matang dan terdapat irisan daun bawang pada mendoan yang jarang ditemui di gorengan tempe biasa.

Perbedaan dengan gorengan tempe kebanyakan adalah tempe mendoan digoreng hanya setengah matang dan terdapat irisan daun bawang pada mendoan yang jarang ditemui di gorengan tempe biasa.

6. Tempe Dages

Tempe Dages
PERPUSDA JAWA TENGAH

Tempe Dages adalah makanan atau cemilan khas Cilacap. Biasanya tempe dages disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu seperti menggoreng mendoan, kita juga bisa membeli gorengan tempe dages juga di penjual gorengan-gorengan bersama gorengan lain seperti mendoan, tahu isi dan lainnya.Selain digoreng, tempe dages bisa juga dimasak menjadi masakan oseng Lombok ijo. Namun kali ini jejajanan hanya menceritakan olahan dages menjadi gorengan yang enak dan memiliki rasa yang khas serta unik.

Tempe dages biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau di warung-warung gorengan di kota Cilacap atau Banyumas dan sekitarnya, yaitu sekitar 500 rupiah per potongnya saja.Selain di daerah Banyumas atau Cilacap, jajanan sejenis Dages juga bisa kita temui di Jogja. Namun sedikit berbeda jika di Jogja, makanan sejenis Dages ini di Jogja biasa disebut Tempe Gembus. Cara dan penyajiannya juga hampir sama yaitu biasa dijadikan gorengan atau dimasak dengan cabai hijau.

 

7. Keripik Sukun

Keripik Sukun
cookpad.com

Siapa sangka jajanan khas Indonesia berbahan sukun bisa laris manis di Jepang. Keberhasilan transaksi ini bahkan tidak berkaitan dengan usia.

Pariyah, warga Desa Randusari, Kecamatan Klaten Prambanan, merupakan produsen jajanan sukun, kentang goreng, dan stik. Wanita paruh baya berusia 56 tahun itu sudah membuat jajanan atau jajanan sukun sejak 12 tahun lalu.

Awalnya, Pariyah hanya menjual sukun yang belum diolah ke produsen kentang goreng Cilacap. Namun setelah belajar membuat keripik, akhirnya ia mulai mencoba membuat keripik sendiri di rumah

“Dulu hanya dijual mentah (sukun). Tapi masyarakat Cilacap bilang kenapa tidak dibuat (goreng) di Klaten,” Pariyah mulai berbicara di rumahnya di Dusun Randusari, Prambanan, Jawa Tengah, Agustus, Kamis. 29 Februari 2019.

Usai uji coba, peluang bisnis Pariyah pun terbuka. Bisnis Pariyah terus berkembang. Saat ini, di desanya ia bisa mempekerjakan 12 karyawan, termasuk kerabat dan tetangga. Pariyah juga bisa menghasilkan setidaknya 700 hingga 800 kilogram (kg) jajanan sukun per hari.

Dia berkata: “Jika Anda mendapatkan seribu buah sukun, Anda harus makan 700-800 kilogram sehari.”

Pariyah menjual jajanan ke Jakarta, Bandung, dan Surabaya, harga eceran sukun batangan 35.000 rupiah per kilogram, dan harga eceran irisan sukun 30.000 rupiah.

Namun, jika Anda tidak pernah merasa rugi, itu bukan bisnis. Bisnis itu seperti roda yang berputar, terkadang di masa jayanya, terkadang turun ke titik terendah. Paria juga.

Ketika kekurangan dana, dia bergabung dengan perusahaan peer-to-peer lending PT Amartha Mikro Fintek (Amartha). Saat itu, ia mendapat pinjaman awal sebesar 3 juta rupiah untuk dana komersial.

Dana yang diterimanya pada tahun 2014 digunakan untuk membeli bahan baku pengolahan sukun, seperti rempah-rempah, minyak, dan sukun. Paria juga mengatakan setelah tiga tahun didampingi Amartha, omzetnya bisa meningkat.

Katanya: “Alhamdulillah, Amartha tambah modalnya. Omzet saya sebelumnya Rp 9 juta. Sekarang omzetnya melebihi Rp 9 juta.”

Tidak hanya itu, kini usaha jajanan sukun asal Klaten juga sudah melebarkan sayap ke luar negeri. Jajanan sukun pariyah sudah diekspor ke Jepang. Paria mengatakan, saat ini dirinya menyediakan hingga 1-1,5 kuintal jajanan sukun ke Jepang setiap bulannya.

Dia berkata: “Sudah hampir setahun sejak kami mengirimkannya ke Jepang.”

Paria menuturkan, ekspansinya ke Jepang itu karena gangguan teman putranya yang membawa sampel jajanan sukun ke Jepang. Di luar dugaan, ternyata banyak orang yang menyukai jajanan yang satu ini.

Soal pendanaan, dia mengaku tidak ada kesulitan. Pariyah bisa mengajukan dana dari Amartha. Jika disetujui, tahun ini akan menjadi ketiga kalinya Pariyah menerima dana dari Amartha. Dia bilang dia mencoba meminjam 4,5 juta rupiah.

Dia berkata: “Tahun ini saya mencoba 4,5 juta rupiah. Saya mencoba (meminjam) 3 juta rupiah, lalu saya mencoba 4 juta rupiah.”

Menurutnya, tidak sulit meminjam uang dari Amasa, apalagi jika sudah menjadi partner. Amartha juga selalu memberikan bantuan kepada mitra bisnis.

Pariyah berharap usahanya terus berkembang. Tujuannya adalah memasuki pasar Hong Kong dalam waktu dekat. Kemudian, keuntungan dari bisnis tersebut akan digunakan untuk tabungan anak-anak sekolah dan pelanggan tetap mereka.

“Nanti selain ke Jepang, saya juga ingin ke Hong Kong. Saya berharap keluarga mengizinkan saya dan saya bisa terus mengizinkan anak-anak saya yang masih bersekolah bisa lulus. Nanti kalau semuanya berjalan lancar, Aku akan pergi umroh. Dia menyimpulkan Say.

 

 

Share this:

Next Post

5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan

5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan Makanan Khas Jambi –  Adakah yang tahu spesialisasi favorit Jamby? Ya, Tempoyak adalah salah satu makanan paling populer di Jambi, tidak hanya banyak makanan lainnya, silakan simak uraiannya di bawah ini. Jambi adalah nama sebuah provinsi di pesisir timur Sumatera […]
5 Makanan Khas Jambi Yang Akan Membuat Lidah Kita Ketagihan

Subscribe US Now